LOGIN DISINI CS: | Buku Tamu | Kontak
HP. 081 316 240 204 - (0265) 2353564 | Email. cs(at)batararayamedia.com

Cari Judul:


Kategori :    


Dampak Kaporit Sebagai Penjernih Air di Kolam Renang
       Ditulis pada hari Jumat, 28 Desember 2012 | 13:40 WIB

kolam renangKaporit atau kalsium hipoklorit adalah senyawa  yang berbentuk padatan putih yang siap didekomposisi di dalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. Kalsium hipoklorit biasa digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. senyawa  ini juga sering digunakan sebagai pemutih kertas dan tekstil pada industri.

Kaporit sering di gunakan untuk membersihkan kolam renang dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam air kolam tersebut. Dengan menggunakan kaporit, para pemilik kolam renang bisa meminimalkan biaya di bandingkan dengan mengganti air kolam dengan air bersih yang baru yang kuantitinya sangat banyak

Kaporit sangat terasa jika kita berenang di kolam renang umum, baunya yang agak menyengat dan jika terkena mata akan terasa pedih. Semakin banyak pengunjung untuk berenang di kolam renang tersebut, semakin banyak kuman yang tercampur di dalam kolam sehingga pemakaian kaporitpun semakin banyak.

Selain itu kaporit sering di gunakan PAM untuk memutihkan dan membersihkan air yang akan di gunakan untuk air kran di perumahan. Air yang biasa di beri kaporit adalah air sungai yang ada di sekitar.

Namun para pakar air di luar negri mengatakan bahwa penambahan kaporit kedalam air akan menghasilkan senyawa kimia sampingan yang bernama Trihalometana ( THM ). Senyawa ini di anggap sebagai penyebab produksi radikal bebas dalam tubuh yang di mana bisa mengakibatkan kerusakan sel dan bersifat karsinogenik.

Efek negatife yang di sebabkan kaporit terhadap tubuh manusia ternyata bukan masuk melalui air yang kita minum, akan tetapi dari uap klor ( kloroform ) dalam kaporit saat kita mandi, kita mandinya memakai air hangat.air yang hangat yang mengandung kaporit akan mengeluarkan uap klor lebih banyak. Uap klor akan masuk ke tubuh kita melalui pernafasan. Mandi air hangat mengakibatkan pori-pori kulit semakin melebar yang mengakibatkan air yang mengandung kaporit dengan mudah masuk ke pori-pori dan merusak sel kulit.

Selain itu kaporit sangat berbahaya terhadap kulit. Karena kaporit dapat merusak lapisan kolagen pada kulit yang mengakibatkan perusakan sel. Hal itu dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan terlihat lebih kusam dan tampak tua sebelum waktunya atau biasa di sebut penuaan dini.

Kaporit juga bisa merusak rambut terutama batang rambut, selain itu kaporit mengakibatkan iritasi kulit kepala dan memperburuk kondisi ketombe dan rambut rontok. Rambut yang sering menggunakan bahan kimia seperti untuk pewarnaan, pengeritingan, rebonding akan mudah patah dan kering yang disebabkan kaporit, dan hal itu mengakibatkan rambut menjadi susah diatur, tampak kusam,kering dan kasar.

Berenang adalah suatu olah raga sekaligus hoby yang sangat menyenangkan, apalagi bagi anak-anak hampir semua anak menyukai berenang, biasanya di dalam kolam renang terdapat 60 - 75 % anak-anak.

Mengingat bahaya - bahaya yang di sebabkan oleh kaporit, alangkah lebih baik kita periksa kondisi air yang terdapat di dalam kolam renang tersebut.pakailah pelembab kulit dan kaca mata renang untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit dan mata.

 

 

 

Referensi:

http://www.pantonanews.com/3123-efek-kaporit-dalam-kolam-renang

(Welly Yusup)



Kategori : Kesehatan | Penulis : Administrator | Artikel ini telah dibaca 7143 kali

Kembali ke Artikel

Baca Juga Artikel dibawah ini :



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 0 komentar)



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No.HP, Email atau URL) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 



   
   


Info Kontak
Alamat :
Komplek Perumahan Batara Indah Blok T No.8 Kota Tasikmalaya

HP : Telpon / SMS
081 316 240 204 - (0265) 2353564

Jam Layanan:
Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 20.00 WIB | Minggu/ Libur: Tutup



Keyword Banyak Dicari :

menentukan kkm ipa smp, peraturan pemerintah tentang pembuatan website, betara raya media, pertanyaan untuk wawancara kapada kepala sekolah, cerita liburan menggunakan bahasa inggris, cara merakit mesin dtg, rpp pak smp kls 8, suara media sejahtera, batara raya media cari, contoh pendahuluan laporan beasiswa kurang mampu, website batara, jasa buat website, contoh anjab guru.doc, harga pembuatan website, buat web sekolah, design powerpoint untuk sidang skripsi, laporan perjalanan ke bandung, kisi kisisoalkelas2, buat mos smk ?, karangan tentang generasi muda indonesia, rencana kerja sekolah 2012, artikel menjadi murid yang baik, proposal try out smp, awal mula nilai raport menjadi sistem online, free download rpp smk kesehatan, Website Sekolah, Pembuatan website Sekolah, jasa pembuatan web, Seputar Harga,Yamaha R25 & R15,Yamaha Vixion jasa pembuatan web Sekolah, prediksi soal cpns 2013 Gratisan



Persyaratan Untuk Web Sekolah

• Domain yang digunakan adalah .SCH.ID,
• Surat Permohonan Kepala Sekolah : Download
• Surat Kuasa dari Kepala Sekolah : Download
• Scan KTP Kepala Sekolah

• Kirim via Email

 


Artikel Terbaru :

Artikel Sering Dibaca :


    DEMO SAMPLE:
    WEB PROFIL SEKOLAH
    « KLIK DISINI »


    QR-Code Batara Raya Media :