LOGIN DISINI CS: | Buku Tamu | Kontak
HP. 081 316 240 204 - (0265) 2353564 | Email. cs(at)batararayamedia.com

Cari Judul:


Kategori :    


MACAM-MACAM JIHAD
       Ditulis pada hari Kamis, 30 Mei 2013 | 10:58 WIB

MACAM-MACAM JIHAD

       Assalamualaikum wr.wb

      Syukur alhamdulillah kepada Allah swt kemarin saya membahas artikel tentang apakah jihad harus selalu dengan berperang ? | Jihad. Nah, Kali ini saya akan melanjutkan artikel kemarin yaitu pembahas tentang macam-macam jihad. INGAT ! Jihad tidak dibenarkan bila dilakuakan untuk memaksakan ajaran Islam kepada nonmuslim, untuk tujuan perbudakan, penjajahan dan perampasan harta kekayaan. Juga tidak dibenarkan membunuh orang-orang yang tidak terlibat dalam peperangan tersebut, seperti wanita, anak kecil dan orang tua.

     Dalam sejumlah Ensiklopedi Islam, secara garis besar lafaz jihad memiliki makna dasar berikhtiar keras untuk mencapai tujuan yang terpuji. Dalam konteks Islam, kata jihad memuat banyak makna. Kata ini bisa berarti perjuangan melawan kecenderungan jahat atau pengerahan daya upaya untuk Islam. Misalnya, mencoba mengimankan orang kafir atau bekerja keras memperbaiki moral masyarakat Islam. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jihad bisa dilakukan baik dalam situasi aman maupun ketika perang tengah berkecamuk.

     Jihad dibagi menjadi tiga bentuk, yaitu jihad mutlaq, jihad hujjah dan jihad ‘amm.

   Jihad mutlaq merupakan perang melawan musuh dimedan pertempuran. Jihad ini mempunyai persyaratan tertentu, diantaranya: peperangan harus bersifat defenisi yakni untuk menghilangkan fitnah, menciptakan perdamaian, dan mewujudkan kebajikan dan keadilan.

     Sedang Jihad hujjah adalah jihad yang dilakukan ketika beradu pendapat ihwal keagamaan dengan pemeluk agama lain dengan mengemukakan argumentasi yang kuat. Ibnu Taimiyah menyebut jihad seperti itu sebagai jihad bil ‘ilmi wal lisan, yaitu jihad yang memerlukan kemampuan ilmiah yang bersumber dari al-Quran dan sunah serta ijtihad.

    Adapun jihad ‘amm merupakan jihad yang mencakup segala aspek kehidupan, baik bersifat moral maupu yang bersifat material, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain di tengah-tengah masyarakat. Jihad seperti ini dapat dilakukan dengan pengorbanan harta, jiwa, tenaga, waktu dan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Jihad seperti itu jga berkesinambungan, tidak dibatasi ruang dan waktu, dan bisa dilakuakn terhadap musuh yang nyata, setan maupun hawa nafsu. Pengertian musuh yang nyata disini di samping perang, juga berarti semua tantangan yang dihadapi umat islam seperti kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

    Jihad terhadap syetan mngandung pengertian berusaha untuk menghilangkan hal-hal yang negatif yang mebahayakan umat manusia.

    Jihad terhadap hawa nafsu adalah sikap mengendalikan diri agar cara tindak, jiwa dan komunikasi dengan orag lain tidak menyimpang dari ketentuan Islam. Wajar bila kemudian Nabi mewanti-wantikaum muslim usai perang Badar dan kemenangan ada di tangan mereka dengan kata-kata: “kita baru saja keluar dari jihad kecil untuk memasuki jihad besar yaitu melawan hawa nafsu.”  Jihad melawan hawa nafsu duniawi lebih berat dan besar tantangannya dibandingkan dengan jihad mengangkat senjata.

“adakah hal yang lebih mulia diloakukan seorang hamba di dunia ini selain mempersembahkan hidupnya untuk Allah swt dan agamanya ?”

     Wassalamualaikum wr.wb

Redaksi BRM.



Kategori : Religi | Penulis : Administrator | Artikel ini telah dibaca 1189 kali

Kembali ke Artikel

Baca Juga Artikel dibawah ini :



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 0 komentar)



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No.HP, Email atau URL) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 



   
   


Info Kontak
Alamat :
Komplek Perumahan Batara Indah Blok T No.8 Kota Tasikmalaya

HP : Telpon / SMS
081 316 240 204 - (0265) 2353564

Jam Layanan:
Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 20.00 WIB | Minggu/ Libur: Tutup



Keyword Banyak Dicari :

menentukan kkm ipa smp, peraturan pemerintah tentang pembuatan website, betara raya media, pertanyaan untuk wawancara kapada kepala sekolah, cerita liburan menggunakan bahasa inggris, cara merakit mesin dtg, rpp pak smp kls 8, suara media sejahtera, batara raya media cari, contoh pendahuluan laporan beasiswa kurang mampu, website batara, jasa buat website, contoh anjab guru.doc, harga pembuatan website, buat web sekolah, contoh rpp agama katolik smp yang berkarakter, tema mopd, soal wawancara ppdb, contoh program semester smk , membangun kreativitas remaja islam, materi penjas budaya hidup sehat, download suara burung kutilang bawah 4shared, win xp drivers vga acer aspire 4739z, permainan saat mos sd, contoh teks wawancara dalam bahasa inggris, Website Sekolah, Pembuatan website Sekolah, jasa pembuatan web, Seputar Harga,Yamaha R25 & R15,Yamaha Vixion jasa pembuatan web Sekolah, prediksi soal cpns 2013 Gratisan



Persyaratan Untuk Web Sekolah

• Domain yang digunakan adalah .SCH.ID,
• Surat Permohonan Kepala Sekolah : Download
• Surat Kuasa dari Kepala Sekolah : Download
• Scan KTP Kepala Sekolah

• Kirim via Email

 


Artikel Terbaru :

Artikel Sering Dibaca :


    DEMO SAMPLE:
    WEB PROFIL SEKOLAH
    « KLIK DISINI »


    QR-Code Batara Raya Media :