LOGIN DISINI CS: | Buku Tamu | Kontak
HP. 081 316 240 204 - (0265) 2353564 | Email. cs(at)batararayamedia.com

Cari Judul:


Kategori :    


Manfaat Kompetensi Paedagogik Guru Bagi Siswa
       Ditulis pada hari Selasa, 22 Januari 2013 | 20:44 WIB

Kompetensi Pedagogik sering tidak dipahami dan dimengerti oleh beberapa guru, tidak sedikit guru yang hanya mengajar saja tanpa mau tahu apa itu  Kemampuan paedagogik adalah kemampuan dalam pembelajaran atau pendidikan yang memuat pemahaman  terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sifat peserta didik, ciri pesrta didik, perkembangannya peserta didik, konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa,metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkembangan siswa dan lain-lain. Guru diharapkan memahami sifat-sifat, karakter, tingkat pemikiran, perkembangan fisik dan psikis anak didik. Dengan mengerti hal-hal itu guru akan mudah mengerti kesulitan dan kemudahan anak didik dalam belajar dan mengembangkan diri sehingga guru akan lebih mudah membantu siswa berkembang. Untuk itu diperlukan pendekatan yang baik, tahu ilmu psikologi anak dan perkembangan anak dan tahu bagaimana perkembangan pengetahuan anak.

Pentingnya seorang guru memiliki kompetensi paedagogik adalah guru dapat mengembangkan kemampuannya anak didiknya dengan maksimal karena guru yang menguasai beberapa teori tentang pendidikan dengan mengerti bermacam-macam teori pendidikan dapat memilih mana yang paling baik untuk membantu perkembangan anak didik. Selain itu Guru juga diharapkan memahami bermacam-macam model pembelajaran. Dengan semakin mengerti banyak model pembelajaran, maka dia akan lebih mudah mengajar pada anak sesuai dengan situasi anak didiknya. Pada dasarnya peningkatan kompetensi pedagogik  guru akan menghindarkan kegiatan pembelajaran bersifat monoton ,tidak disukai siswa dan membuat siswa kehilangan minat serta daya serap dan konsentrasi belajarnya.

Berikut beberapa manfaat kompetensi paedagogik guru bagi siswa yaitu :

1.   Jika guru dapat memahami peserta didik dengan memanfaatkan prinsip prinsip perkembangan kognitif siswa maka:

a.       Siswa dapat terpenuhi rasa ingin tahunya. Karena itu guru harus dapat membangkitkan dan mengelola rasa ingin tahu anak dalam setiap kegiatan pembelajaran. Guru tidak hanya bercerita atau menerangkan mata pelajaran tapi juga merangsang daya berpikir kritis siswa memlaui ketrampilan bertanya dan uji coba.

Indicator kinerja : Guru harus dapat menentukan posisi kemampuan peserta didik dilihat dari sudut ketutantasan belajar yang ditetapkan ,merancang program remedi bagi siswa yang dibawah KKM dan merancang program pengayaan bagi siswa yang mencapai KKM.

 

b.      Siswa memiliki keberanian berpendapat dan kemampuan menyelesaikan masalah. Maka guru harus mampu mendesaian metode pengajarannya yang membuat siswa aktif berpendapat atau menjawab ragam soal/permasalahan pengetahuan lengkap dengan alasannya. Sehingga siswa berani berpendapat dari berbagai macam sudut pandang ,mampu menyatakan pendapat tanpa  rasa takut salah ,cemas atau ditertawakan guru dan temannya.Sekaligus siswa dapat dihargai pendapat orisinalitasnya dalam mengajukan pemikiran dan pemecahan masalah yang berbeda dari teman temannya.

Indicator kinerja : Guru semestinya dapat refeleksi diri dengan  menganalisa potensi kekuatan dankelemahan pembelajaran yang telah dilaksanakan, menentukan bagian pembelajaran  yang harus diperbaiki serta terus mengemabngkan diri dalam peningkatan profesi sebagai pendidik.

 

c.       Siswa merasa gembira dalam kegiatan belajarnya. Guru  harus menghargai imajinasi siswa ,rasa humor serta keberbakatan yang dimiliki siswa ,walaupun siswa memiliki kelemahan pada satu atau berbagai mata pelajaran.Sehingga siswa memiliki rasa percaya diri dan  perasaan berharga dari bakat atau kemampuan yang menonjol pada satu  atau beberapa bidang study akademik maupun non akademik yang dikuasinya.

Indicator kinerja : Guru dituntut dapat memotivasi dan memfasilitasi  peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan pembelajaran yang bersifat kreatif dan interaktif ,memberi penguatan (reinforcement) dalam pembelajaran serta memberi kesempatan kepada peserta didik untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialaminya.

 

 

2.      Jika guru dapat memahami prinsip prinsip perkembangan kepribadian siswa dan memanfaatkannya maka;

a.       Siswa memiliki kepribadian mantap dan memiliki rasa percaya diri. Seorang guru harus dapat mengakui dan menerima setiap keunikan dan perbedaan setiap siswanya  tanpa dibeda bedakan baik lantaran prestasi atau latar belakang lainnya.Selanjutnya diarahkan menuju etika universal yang disepakati bersama , sehingga siswa merasa diperlakukan secara adil dan bijak sana.

Indicator kinerja : Guru dapat menyusu rancangan pembelajaran berdasarkan strategi yang telah dipilih seperti memilih dan merancang media dan sumber belajar ,merancang pengalaman belajar (tatap muka ,terstruktur dan mandiri) untuk kompetensi optimal siswa.

 

b.      Siswa memiliki sopan santun dan taat pada peraturan. Guru harus dapat menjadai teladan dalam berperilaku baik dalam ucapan dan tindakan.Kemampuan guru untuk menciptakan iklim “fair” dan disiplin dalam kegiatan belajarnya akan menciptakan rasa hormat siswa.

Indicator kinerja : :Guru semestinya dapat menerapkan dan memanfatkan berbagai teori pembelajaran seperti behavioristik ,kognitif sosial atau lainnya sesuai kondisi siswanya.

 

c.       Siswa tumbuh jiwa kepemimpinannya dan mudah beradaptasi. Guru dituntut dapat menciptakan suasana kondusif dalam kegiatan pembelajaran guna membangun keberanian dan kemampuan nyata siswa dalam mengkespresikan prestasi yang dimiliki setiap siswa.

Indicator kinerja : Guru .dapat  memilih strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik ,kompetensi yang ingin dicapai dan materi ajar.

Pada akhirnya kompetensi pedagogik guru akan mengarah pada kemampuan guru menyusun rancangan dan melaksanakan strategi pembalajaran yang sesuai dengan kompetensi , karakteristik dan kebutuhan siswa dalam belajarnya. Sehingga siswa dapat tercapai ketutantasan belajar secara optimal dan dapat meraih prestasi yang membanggakan.


Di tulis oleh : Dewi Indriati Hadi Putri

Mahasiswi Pend. Teknik Mekatronika – UNY

 



Download Soal Tes CPNS 2014 Basis CAT



Kategori : Pendidikan | Penulis : Administrator | Artikel ini telah dibaca 11921 kali

Kembali ke Artikel


Baca Juga Artikel dibawah ini :



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 6 komentar)

@ Rochani. M.Pd : Kamis, 7 Februari 2013 | 00:47 WIB | Kontak : kocarkucur@gmail.com
foto ya bagus, bisa memberikan kontribusi terhadap pembelajaran mudah2an dikembangkan lagi trim no Hp menyusul

@ Yasiruddin,S.Pd : Minggu, 28 April 2013 | 09:57 WIB | Kontak : gelx_peace@yahoo.com
foto Sangat bermampaat dan berguna bagi kami guru-guru baru bapak.saya agak bingung cara membuat media pembelajaran penjas di smp.apa bila ada contoh format pa bisa bapak berbagi dengan saya?terima kasih sebelumnya.

@ muspirah : Kamis, 2 Mei 2013 | 15:02 WIB | Kontak : 085277112090
foto banyak manfaat yang dapat diambil apalagi bagi guru baru, kalau bisa muatin juga media pembelajaran agama, (fiqih, qur'an hadits, aqidah)nya, trimks

@ Susan Arisanti : Rabu, 15 Mei 2013 | 17:34 WIB | Kontak : arisantisusa@gmail.com
foto Yepz, setuju! Karena guru tidak hanya mentransfer ilmu, juga perilaku~~

@ Hamba Allah : Minggu, 26 Mei 2013 | 18:48 WIB | Kontak :
foto ya benar karena tugas seorang guru adalah mulia jika dia dapat menjadikan insan manusia yang berkarakter mulia.

@ maryati : Kamis, 15 Mei 2014 | 14:37 WIB | Kontak : maryati070373@gmail.com
foto yes, mantap sangat bermanfaat bagi kita guru



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No.HP, Email atau URL) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 



   
   


Info Kontak
Alamat :
Komplek Perumahan Batara Indah Blok T No.8 Kota Tasikmalaya

HP : Telpon / SMS
081 316 240 204 - (0265) 2353564

Jam Layanan:
Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 20.00 WIB | Minggu/ Libur: Tutup



Keyword Banyak Dicari :

menentukan kkm ipa smp, peraturan pemerintah tentang pembuatan website, betara raya media, pertanyaan untuk wawancara kapada kepala sekolah, cerita liburan menggunakan bahasa inggris, cara merakit mesin dtg, rpp pak smp kls 8, suara media sejahtera, batara raya media cari, contoh pendahuluan laporan beasiswa kurang mampu, website batara, jasa buat website, contoh anjab guru.doc, harga pembuatan website, buat web sekolah, slogan motivasi sekolah, download aplikasi sekolah dari excel gratis, rencana kegiatan harian ipa smp kelas vii, pengertian offline, kalender paud 2012/2013, rpp plkj smp kelas 7, prakarya anak paud, soal cerdas cermat kelas 5 sd, silabus sma dan smk agama kristen 2012/2013, surat fans untuk kakak kelas untuk mos, Website Sekolah, Pembuatan website Sekolah, jasa pembuatan web, jasa pembuatan web Sekolah, Rpp Berkarakter SMK Terbaru prediksi soal cpns 2013 Gratisan



Persyaratan Untuk Web Sekolah

• Domain yang digunakan adalah .SCH.ID,
• Surat Permohonan Kepala Sekolah : Download
• Surat Kuasa dari Kepala Sekolah : Download
• Scan KTP Kepala Sekolah

• Kirim via Email

 


Artikel Terbaru :

Artikel Sering Dibaca :


    DEMO SAMPLE:
    WEB PROFIL SEKOLAH
    « KLIK DISINI »

    RPP Berkarakter SMK Terbaru


    QR-Code Batara Raya Media :