Batara Raya Media

Perum Batara Indah Blok T No 8 Kota Tasikmalaya Kode Pos 46115

cs@batararayamedia.com | cs@batararayamedia.co.id

Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 16.00 WIB | Minggu/Libur: Tutup

HP: 081 316 240 204

Mengerjakan Ujian Nasional dengan Jujur Bagian dari Pembangunan Karakter

Jumat, 20 Maret 2015 | Diknas
Ada dua jenis pembangunan karakter yaitu karakter moral dan karakter kinerja.
Karakter moral yaitu kejujuran dan keikhlasan. Sedangkan karakter kinerja adalah seperti sikap ulet dan tangguh.



“Jujur saja tapi pemalas, tentu tidak banyak gunanya. Oleh karena itu untuk membangun karakter siswa, guru mesti bisa menjadi teladan. Kemudian membiasakan siswa, dan baru mendisiplinkan,” kata Mendikbud di Pendopo Kabupaten Aceh Tengah, Takengon, Minggu (08/03/2015). ( baca juga grosir sandal bulu murah )

Dalam kesempatan itu, salah satu Kepala SMA Negeri 15 Takengon, Amiruddin, yang menyampaikan kondisi sekolahnya yang meraih prestasi baik, meski baru meluluskan dua angkatan, misalnya memiliki tingkat kelulusan UN (Ujian Nasional) yang mencapai 100 persen.

“Untuk yang lulus UN 100 persen, mudah-mudahan jujurnya juga 100 persen,” kata Mendikbud yang disambut tawa para kepala sekolah.

Mendikbud Anies Baswedan kembali menekankan pentingnya kejujuran karena menjadi bagian dari pembangunan karakter. “Bila kita mendidik anak-anak hanya pintar saja tanpa karakter moral (jujur), saya khawatir kita akan menghasilkan para koruptor yang cerdik. Ini berbahaya,” ujarnya.

Karena itulah muncul kebijakan baru dalam UN tahun ini (2015) yang menyatakan bahwa hasil UN tidak menjadi syarat kelulusan. Hal itu dilakukan agar bukan hanya nilai tinggi yang dicapai tapi juga kejujuran.
*)Rahman Ma mun