LOGIN DISINI CS: | Buku Tamu | Kontak
HP. 081 316 240 204 - (0265) 2353564 | Email. cs(at)batararayamedia.com

Cari Judul:


Kategori :    


Pengaruh Globalisasi Terhadap Perkembangan Mental Generasi Muda Indonesia
       Ditulis pada hari Rabu, 11 Januari 2012 | 08:24 WIB

Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak muda sekarang.

Dari cara berpakaian banyak remaja- remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Pada hal cara berpakaian tersebut jelas- jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.

        Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari- hari. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, kita akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. Bukan hanya internet saja, ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone.

        Dilihat dari sikap, banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.

        Jika pengaruh-pengaruh di atas dibiarkan, mau apa jadinya genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme?

        Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme.

 Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme

Langkah- langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme antara lain yaitu :

  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
  3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.
  4. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya.
  5. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.

Dengan adanya langkah- langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa.



Kategori : Lain-lain | Penulis : Administrator | Artikel ini telah dibaca 57869 kali

Kembali ke Artikel

Baca Juga Artikel dibawah ini :



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 6 komentar)

@ MUHSIN : Selasa, 6 Maret 2012 | 20:50 WIB | Kontak : 08133501020
foto Artikel bagus. Siapa penulisnya ? lebih lengkap lagi kalau ada rujukannya. mksh!

@ biombiscinowl : Jumat, 27 April 2012 | 23:50 WIB | Kontak : hjghjghjtt@gmail.com
foto Good bye, sweet soul mate :)

@ luluk rohmaniati : Selasa, 28 Agustus 2012 | 09:34 WIB | Kontak : 081331616545
foto artikel ini menarik dan mampu memberi motivasi agar tidak terlalu terjerumus arus globalisasi

@ ginna siti nuratika : Jumat, 19 Oktober 2012 | 15:46 WIB | Kontak : ginnasitinuratika@yahoo.co.id
foto artikelnya menarik, sekarang sangat sulit untuk mengajak kawan-kawan agar mau perduli terhadap lngkungan karena dampak negatif dari globalisasi. secara tidak langsung globalisasi membuat orang menjadi lebih individualisme. :)

@ Nitta : Sabtu, 19 Januari 2013 | 15:14 WIB | Kontak : shinita@windowslive.com
foto Artikelnya bagus, sangat membantu saya. O'yaa langkah-langkah bikin artikel itu gimana yaa? Saya lg dpt tugas bikin artikel (10 hal.) Saya masih anak SMP, jadi kurang tau. Mohon bantuannya yaa?? :)

@ natasha aldiya : Jumat, 22 Februari 2013 | 14:47 WIB | Kontak : natashasagitarius@yahoo.com
foto Artikel ny sdh ckup baik,, tpi sya ingin yg lbih lngkp sngkt n pdat, biar sya lbih memhami tntng globalisasi Sperti skap msyarakat indonsia trhdp kbudyaan asli bangsa pda tngh era globalisasi, Trims,,



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No.HP, Email atau URL) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 



   
   


Info Kontak
Alamat :
Komplek Perumahan Batara Indah Blok T No.8 Kota Tasikmalaya

HP : Telpon / SMS
081 316 240 204 - (0265) 2353564

Jam Layanan:
Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 20.00 WIB | Minggu/ Libur: Tutup



Keyword Banyak Dicari :

harga batara raya media page, menentukan kkm ipa smp, peraturan pemerintah tentang pembuatan website, http://www.batararayamedia.com/, &esrc=s, betara raya media, batara, pertanyaan untuk wawancara kapada kepala sekolah, cerita liburan menggunakan bahasa inggris, cara merakit mesin dtg, rpp pak smp kls 8, suara media sejahtera, batara raya media cari, contoh pendahuluan laporan beasiswa kurang mampu, qr code batara raya media , Gratisan, kalender pendidikan tahun 2013 untuk tingkat tk,sd,smp,sma provinsi dki jakarta, contoh presentasi skripsi.ppt, analisis standar kompetensi penjas, soal ujian organisasi dan administrasi internasional, bahasa inggris untuk jurusan elektro, contoh rencana kerja sekolah sd, pidato sambutan mos, lks matematika kelas 1 sd, tulisan sansekerta, toko online laptop tasikmalaya, Website Sekolah, Pembuatan website Sekolah, jasa pembuatan web, Seputar Harga, Yamaha R25 & R15,Yamaha Vixion jasa pembuatan web Sekolah, Harga Hp & Laptop Baru Bekas Murah



Persyaratan Untuk Web Sekolah

• Domain yang digunakan adalah .SCH.ID,
• Surat Permohonan Kepala Sekolah : Download
• Surat Kuasa dari Kepala Sekolah : Download
• Scan KTP Kepala Sekolah

• Kirim via Email

 


Artikel Terbaru :

Artikel Sering Dibaca :


    DEMO SAMPLE:
    WEB PROFIL SEKOLAH
    « KLIK DISINI »


    QR-Code Batara Raya Media :