LOGIN DISINI CS: | Buku Tamu | Kontak
HP. 081 316 240 204 - (0265) 2353564 | Email. cs(at)batararayamedia.com

Cari Judul:


Kategori :    


Perlunya Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Pada Mata Pelajaran Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk)
       Ditulis pada hari Jumat, 25 Januari 2013 | 14:27 WIB

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencetak lulusan siap kerja dan kompeten sepertinya begitu jauh dengan kenyataan yang ada. Adanya permasalahan yang dihadapi diantaranya adalah masih terdapat kesenjangan kompetensi lulusan SMK dengan kebutuhan rill DU/DI, keadaan ini dapat diindikasikan dengan rendahnya daya serap tenaga kerja lulusan SMK oleh DU/DI.

Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan bulan Agustus 2011, menyatakan jumlah angkatan kerja pada Agustus 2011 mencapai 117,4 juta orang , dan Tingkat  Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia pada Agustus 2011 mencapai 6,56 % atau 7,70 juta, dimana sebanyak 3,07 juta adalah lulusan SLTA dan SMK. Dengan perbandingan jumlah antara SMA dan SMK di Indonesia 51 : 49 dapat diartikan bahwa jumlah TPT untuk lulusan SMA kurang lebih mencapai 1,56 juta dan jumlah TPT untuk lulusan SMK 1,51 juta.

Hal ini juga menjadi sorotan Direktur Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Joko Sutrisno bahwa “Di SMK wajib dilaksanakan latih dagang untuk siswa. Pokoknya, semua program keahlian harus sampai pada mata rantai menjual dan mengembangkan. Ini mengajarkan kewirausahaan yang nyata kepada siswa,” (Djoko, 26/1, Kompas.com).

Bekal kemampuan berwirausaha akan membuat lulusan SMK yang tidak terserap dunia kerja bisa mandiri. Menurut Badan Statistik Indonesia (BPS) terakhir pada januari 2012 jumlah wirausaha di Indonesia hanya mencapai angka 1,56 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Tentu prosentase itu terpaut jarak yang jauh dengan negara negara berkembang lain. Padahal, idealnya suatu negara berkembang paling tidak harus memiliki 2% wirausaha dari total penduduk.

Pentingnya implementasi pendidikan kewirausahaan pada setiap mata pelajaran di SMK akan membuat pola pikir siswa akan menjadi lebih terbuka. Pendidikan tingkat menengah, khususnya SMK memiliki karakter yang unik dalam menghasilkan lulusan  yang   siap  kerja. Sesunguhnya potensi lulusan SMK bukan hanya siap kerja, namun memiliki peluang besar ikut mengembangkan ekonomi melalui kewirausahaan. Siswa SMK yang sedang menempuh pendidikan harus dipersiapkan tidak hanya untuk mengisi peluang kerja  sebagai  pekerja  pada  dunia  usaha  dan  industri, akan  tetapi  juga  upaya pendidikan  yang  memberikan  lulusan  SMK  memiliki  jiwa  dan  perilaku  atau karakteristik kewirausahaan.

Menjadi wirausaha adalah pekerjaan yang sangat mandiri. Seorang wirausaha akan mendapatkan manfaat mandiri finansial. Hal ini disebabkan oleh keleluasaan seorang wirausaha mengatur kebijakan dan regulasi finansialnya sendiri. Hal lain yang menjadi manfaat berwirausaha adalah terbangunnya semangat kompetisi pada diri wirausaha tersebut. Dalam berwirausaha, salah satu tantangan yang harus dihadapi salah satunya adalah persaingan dalam menjual produk. Oleh karena itu, tanpa disadari para wirausaha akan mempunyai semangat kompetisi tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

Kualitas anak SMK dan kemampuan dalam berinovasi dapat menjadi dasar untuk berwirausaha. Ada beberapa kreasi anak SMK yang sudah jelas-jelas wajib diperhitungkan, seperti Pesawat Jabiru J430 SMK Negeri 29 Jakarta, Mobil “Rosa” karya siswa SMK Negeri 6 Malang, Mobil Digdaya Karya SMK Negeri 1 Singosari, Mobil Kiat Esemka SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, Buggy Car ABCD (Anak Bandung Cinta Damai) SMKN 8 Bandung, Sepeda Listrik Karya Siswa SMK 2 Surakarta, Batik Karya Siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta, dan LCD proyektor Karya Siswa SMK 1, 6, 26 dan 56 Jakarta. Karya karya ini menandai kalau anak SMK bukanlah sekedar anak sekolah menengah biasa yang hanya menampung pelajaran di sekolah dan tak menggunakannya.

Adanya karya konkrit menandai sebuah awal yang bagus untuk pergerakan SMK. Inovasi - inovasi yang telah tercipta diharapkan dapat menjadi penyulut semangat bagi siswa-siswa SMK yang lain agar dapat berinovasi lebih jauh dalam berbagai wujud. Oleh karena itu, wirausaha adalah solusi terbaik untuk anak SMK dalam bersaing di dunia kerja.

 

Dtulis ole : RIZAL HERMALA

Mahasiswa Pend. Teknik Mekatronika

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 



Kategori : Pendidikan | Penulis : Administrator | Artikel ini telah dibaca 17312 kali

Kembali ke Artikel

Baca Juga Artikel dibawah ini :



Jejak-jejak komentar visitor yang menyimak artikel ini (Total : 1 komentar)

@ Ardi Muharam Rahmansyah : Senin, 23 Desember 2013 | 09:08 WIB | Kontak : muharamrardi@yahoo.co.id
foto izin mengutip



* Silahkan berikan komentar anda seputar artikel yang kami sajikan di atas.

Nama Lengkap :

Kontak (No.HP, Email atau URL) :

Komentar (max. 250 karakter) :


Masukkan Jumlah :

 


 



   
   


Info Kontak
Alamat :
Komplek Perumahan Batara Indah Blok T No.8 Kota Tasikmalaya

HP : Telpon / SMS
081 316 240 204 - (0265) 2353564

Jam Layanan:
Senin - Sabtu : 08.00 WIB - 20.00 WIB | Minggu/ Libur: Tutup



Keyword Banyak Dicari :

menentukan kkm ipa smp, peraturan pemerintah tentang pembuatan website, betara raya media, pertanyaan untuk wawancara kapada kepala sekolah, cerita liburan menggunakan bahasa inggris, cara merakit mesin dtg, rpp pak smp kls 8, suara media sejahtera, batara raya media cari, contoh pendahuluan laporan beasiswa kurang mampu, website batara, jasa buat website, contoh anjab guru.doc, harga pembuatan website, buat web sekolah, proposal gambar mesin, tujuan masuk sma, rkm usia 3 4 tahun, mendeskripsikan sebuah gambar dalam bahasa inggris, soal pemahaman bahasa indonesia kelas x smk, media pembelajaran bahasa indonesia sma, http://www.batararayamedia.com/page.php?menu=artikel&search=cara membuat denah jalan di microsoft word, cara menanggulangi korupsi oleh pelajar, rpp administrasi perkantoran berkarakter, instrumen blangko ektrakulikuler, Website Sekolah, Pembuatan website Sekolah, jasa pembuatan web, Seputar Harga,Yamaha R25 & R15,Yamaha Vixion jasa pembuatan web Sekolah, prediksi soal cpns 2013 Gratisan



Persyaratan Untuk Web Sekolah

• Domain yang digunakan adalah .SCH.ID,
• Surat Permohonan Kepala Sekolah : Download
• Surat Kuasa dari Kepala Sekolah : Download
• Scan KTP Kepala Sekolah

• Kirim via Email

 


Artikel Terbaru :

Artikel Sering Dibaca :


    DEMO SAMPLE:
    WEB PROFIL SEKOLAH
    « KLIK DISINI »


    QR-Code Batara Raya Media :